Jumat, 06 Mei 2016

Tempat shalat di University of Groningen

Hai, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai lokasi shalat di Universitas Groningen. Universitas ini besar, kampusnya dimana-mana baik di Centrum maupun pinggir kota di Zernike. Dan sudah pasti membingungkan bagi pelajar muslim menemukan ruang shalat di kampus khususnya bagi pelajar baru. Dari informasi website RUG benar bahwa ada 3 lokasi shalat di University of Groningen. Pertama di kampus utama itu terletak di Harmonie Building, lalu UMCG, dan Zernike. Memang awal saya tiba tahun 2015 dulu masih ada pelajar menggunakan ruang emergency exit di perpustakaan pusat (UB) sebagai tempat shalat, namun sekarang pihak kampus melarangnya. Sebenarnya ada 2 Masjid di kota Groningen ini, cuma mungkin agak jauh dari kampus.

Ruang shalat di Harmonie Building
Ruang shalat di Harmonie building
Baiklah, berikut akan coba saya beritahu ketiga tempat tersebut. Tempat shalat pertama adalah di Harmonie Building, gedungnya berada di sebelah Barat gedung utama terletak di jalan Oude Kijk in Het Jatstraat. Dari gerbang masuk itu terus lurus melewati plaza, lalu melewati pintu putar besar terus lurus saja keluar di pintu putar kecil. Dari situ sudah kelihatan gedung lainnya gedung Gebouw 15. Masuk saja, nah tepat di sebelah kanan itu adalah Prayer Room (silent room) ruang nomor 0027 berdekatan dengan toilet, ruangannya tidak besar hanya 2 x 3 meter. Di dalamnya tersedia sajadah dan tempat menaruh sepatu. Untuk mengambil wudhu, tersedia sink di toilet samping Prayer Room. Jadi kalian yang sedang berada di kampus utama atau lagi belajar di UB silahkan shalat disini. Namun karena Sabtu dan Minggu Harmonie Building ini tutup, bagi kalian yang sedang di UB bisa shalat di UMCG. Kalau kalian bingung tanya saja resepsionisnya. Pernah saya bertanya, mereka malah memberikan kunci ruang medical di samping ruang resepsionis. Sepertinya dulu ruang kecil itu dipakai untuk tempat shalat. Karena di penutup kotak sajadah yang ada di Prayer Room terpampang arah kiblat namun denahnya ruang medical, mungkin.

Lokasi shalat kedua ada di UMCG, sedikit sulit mengarahkan orang untuk mencari ruangan ini. Ruangnya terletak di lantai 1 tidak jauh dari lift besar di dekat kolam. Jika kamu masuk dari pintu Selatan dari jalan Oostersingel, kolam itu langsung terlihat. Namun jika kamu masuk dari pintu utama di Timur dari jalan Hanzeplein, kamu harus berjalan ke arah kiri sekitar 50 meter untuk menemukan kolam itu. Dari situ naik lift atau tangga ke lantai 1. Keluar dari lift, ruangan itu ada di sebelah kiri. Ruangan dengan pintu kaca itu cukup luas. Tidak seperti ruang di Harmonie Building yang dikhususkan untuk ruang shalat, di ruang ini semua agama boleh menggunakannya untuk beribadah. Di dalamnya ada sofa, meja dan kursi, terdapat pula buku buku bacaan dan juga dupa. Sajadah tersedia di ruang ini, cuma karena ini ruang bersama, ketika selesai shalat, sajadah itu harus dilipat dan ditaruh kembali ke tempatnya. Untuk berwudhu, tidak jauh di sebelah kanan dari lift tadi ada toilet, kalian bisa berwudhu disana.
Reflection room di Zernike
Ruang shalat di kampus Zernike
 Nah ruang shalat terakhir yang saya ketahui itu di kampus RUG yang di Zernike. Terletak di samping parkiran sepeda basement di gedung Duisenberg, di sekitar ruang Student Association di sebelah kiri menuruni tangga. Ruangnya diberi nama Reflection Room, kalau kamu bingung mencarinya, tanya saja di resepsionis nanti akan ditunjukkan. Ruangannya lumayan untuk menampung 8 orang jamaah. Meski bisa digunakan oleh semua agama, namun ruang ini lebih sering digunakan pelajar muslim saja.

Demikian informasi tentang ruang shalat di University of Groningen semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...