Jumat, 28 Juni 2019

Safety Pin CO2 Sistem Pemadam Api Tetap di Kapal


Sudah dua kali saya temukan kasus serupa. CO2 sistem kapal gagal beroperasi. Gasnya ada. Mekanismenya bagus. Sertifikat menyatakan baik. Namun ketika diaktivasi gasnya tidak keluar. Setelah diperiksa ternyata pen keselamatan (safety pin) nya masih terpasang. Dari kedua kasus tersebut, baik awak kapal, pemilik kapal, maupun otoritas terkait tidak mengerti bahwa pen tersebut harus dilepas agar mekanisme katup dapat bekerja. Seperti apa seharusnya?.

Mungkin hampir setiap kapal memiliki sistem pemadam api tetap hidran dan CO2. Hidran hampir menjangkau seluruh kapal. Sementara CO2 dipasang untuk kamar mesin, ruang pompa, ruang khusus, dan/atau ruang muatan. Botol-botol CO2 tertata di sebuah ruangan tersendiri. Jumlahnya mulai belasan hingga ratusan botol tergantung luas ruangan yang dilindungi. Kontrol aktivasinya disediakan di dua lokasi. Pertama di luar dekat ruangan yang dilindungi. Kedua terletak di dalam ruangan CO2. Ketika panel aktivasi dibuka, alarm akan menyala. Bunyi alarmnya berbeda dengan alarm kapal. Fungsinya untuk memperingatkan orang bahwa CO2 akan dilepas dan orang harus segera meninggalkan ruangan tersebut. Seketika itu pula sistem bahan bakar dan ventilasi mati (trip).

Dari banyak sistem yang saya temukan, di dalam panel aktivasi terdapat pilot silinder berisi gas CO2 yang berfungsi membuka katup-katup di botol-botol CO2. Beberapa mekanisme katup CO2 yang sering dijumpai adalah mekanisme menggunakan linkage (penghubung) untuk menahan katup, aktuator untuk mendorong linkage dan sebuah pen keselamatan yang berfungsi menahan linkage. Pen keselamatan pada dasarnya berfungsi untuk mencegah katup terbuka secara tidak sengaja pada waktu pemindahan botol dari darat ke kapal atau sebaliknya. Pen juga digunakan ketika sedang melakukan perawatan di sistem CO2. Ketika kapal beroperasi, pen tersebut harus dilepas. Pen bisa saja dibiarkan dipasang di katup, namun pemilik dan awak kapal harus menyadari bahwa pen tersebut dilepas sesaat sebelum sistem CO2 diaktivasi. Hal ini mungkin dapat dilakukan di kapal-kapal yang hanya dilengkapi kurang dari 10 botol CO2.

Mekanisme katup terbuka
Jadi, bila kapal anda memiliki sistem CO2 pemadam api tetap dengan mekanisme katup menggunakan pen keselamatan, baiknya anda pastikan bahwa pen-pen di katup botol CO2 telah dilepas, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...