Senin, 06 Juli 2020

Jahe Obat

Kali ini betul terbukti. Jahe sebagai obat sakit gigi. Alhamdulillah. 

Dua hari yang lalu. Gigi geraham atas kiri saya yang berlubang itu sakit. Walaupun saya masih bisa makan dengan gigi sisi kanan, tetapi sakitnya mengganggu keseimbangan tubuh saya. Empat bulan lalu gigi itu saya tambal sementara karena sakit. Dokter menyuruh saya untuk kembali dalam dua minggu. Namun tidak saya lakukan. Sampailah kemarin sakitnya kambuh. Malu jika saya harus ke dokter itu lagi. Saya masukkan serbuk kayu manis dicampur minyak zaitun ke gigi yang berlubang. Tak ada reaksi. Saya cari di internet obat alami sakit gigi. Yang pertama muncul adalah berkumur dengan air garam. Dua kali sudah saya lakukan. Namun sakitnya tak kunjung hilang.

Tengah malam saya terbangun. Sakitnya bertambah parah. Dari internet saya tahu jika jahe bisa mengobati gigi sakit. Saya ambil jahe lalu saya cincang halus. Kemudian saya taruh di gigi yang berlubang dan saya tekan dengan jari agar mememnuhi lubang gigi. Beberapa menit kemudian sakitnya langsung hilang. Akhirnya saya bisa kembali tidur dengan tenang. Esoknya sama sekali tak terasa sakit lagi.

Selain untuk mengobati sakit gigi, jahe juga pernah saya gunakan untuk mengobati kaki yang keseleo atau terkilir. Caranya, parut jahe dan tempelkan pada bagian yang terkilir. Balut bagian yang ditempeli parutan jahe dengan kain atau kasa. Ganti parutan jahe setelah 6 jam. Hangat jahe akan membantu peredaran darah di bagian yang sakit.

Bagi Anda penderita maag atau luka lambung atau GERD. Minum air jahe akan membantu mengobati permukaan lambung yang terkikis asam. Hal ini kerap saya lakukan ketika maag saya kumat. Saat maag kambuh, jumlah asam lambung sudah terlalu banyak. Memang asam itu diperlukan untuk membantu mencerna makanan. Masalahnya, lapisan pelindung penderita maag sudah sangat tipis karena sudah terlalu sering mengonsumsi makanan yang memicu asam di lambung untuk mencernanya. Akibatnya permukaan lambung mengalami luka atau radang. Inilah yang meyebabkan nyeri saat maag kambuh. Memang saya belum pernah seketika langsung mengonsumsi jahe saat maag menyerang. Saat seperti itu saya langsung minum air hangat untuk menetralisisr asam di lambung dan minum obat pereda nyeri serta pengurang asam lambung. 

Rasa pedas jahe dan aroma khasnya berasal dari berbagai senyawa kimia yang dikandungnya sering dijadikan obat mual dan berbagai penyakit. Jadi jika Anda sakit gigi, keseleo, atau luka lambung silakan mencoba jahe sebagai obat dan tentu saja semua atas izin Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...