Selasa, 26 April 2016

Ayolah kita berubah, meski hanya perubahan kecil bersama Putera Petir lainnya

The Sky Dancer (image source:fb r.e.)
Saya mengetahui kisahnya karena seorang Dahlan Iskan yang entah dari mana ia mengetahui 'putera petir' ini, nama itu, begitu Dahlan menyebutnya. Ambisi Dahlan untuk menginisiasi penciptaan mobil listrik karya anak negeri adalah alasan kenapa anak muda ini 'dipaksa' pulang  ke Indonesia, padahal di Jepang ia memiliki segalanya. Ia adalah seorang ahli motor listrik yang telah menciptakan berbagai penemuan terkait motor listrik dan telah dipatenkan di Jepang, hebatlah Ia pokoknya.

Di  Indonesia, negara yang saya sebut 'takkan berubah hingga kiamat', mimpi mengembangkan mobil listrik sepertinya harus disimpan sejenak, proyek itu seperti 'hidup tak mau, matipun tak diharap', banyak yang tidak mendukung proyek itu, saya pikir ini masalah yang kompleks, walau sebenarnya jalan keluarnya sangat mudah sekali, dan seorang Dahlan mungkin sudah tahu solusinya, namun sepertinya hanya sampai dipikirannya, tak terucap mungkin.

Pemuda itu sewaktu kembali ke Indonesia, ia membawa mimpi pribadinya, sebuah mimpi untuk mencipta dan mengembangkan apa yang ia sebut "The Sky Dancer", pembangkit listrik tenaga angin ukuran kecil, cocoklah untuk negerinya yang terkendala dengan yang besar dan mahal. Meski ia mengatakan terus mengembangkan temuannya itu, namun temuannya itu sudah terbukti berhasil menghadirkan senyuman ratusan bahkan ribuan rakyat negerinya di bagian Timur situ, wilayah yang berpuluh tahun tak pernah tersentuh listrik, sungguh mengenaskan memang, namun ia berhasil, meski ia mengelak bahwa itu usaha banyak orang, tak bisa dipungkiri itu adalah hasil karyanya, hebatlah Ia.

Pemuda itu dengan segala upaya yang ia lakukan, dengan keterbatasan yang dimilikinya, entah  mimpi besar apa yang Ia simpan, yang membuat ia tetap terus bertahan dan berjuang bersemangat, hingga rela berkotor-kotoran, menghidupi api mimpinya. Jutaan orang mengenal dirinya, mengetahui apa yang ia lakukan, tak memelas ia kepada negara.



(akan dilanjutkan nanti...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...