Senin, 11 Januari 2016

Kesulitan Cari Daging Halal di Groningen, Coba Ke Toko Ini...

Tinggal di negara yang muslimnya minoritas membuat saya terkadang sulit untuk mendapatkan bahan makanan halal. Tapi untunglah di Groningen sini itu tidak terjadi, ada beberapa toko yang menjual bahan-bahan makanan yang halal, terutama soal daging. Ya, lauk untuk makan, sesuatu yang penting bagi orang seperti saya yang doyan masak.

Nazar supermarket
Berdasarkan hasil penjelajahan saya setelah 3 bulan tinggal di Groningen, ada 4 toko yang menjual daging halal (sebenarnya lebih). Yang pertama toko favorit saya untuk berbelanja bahan makanan, Nazar Market, saya paling sering belanja daging ke toko ini. Selain daging, toko berukuran sedang ini juga menjual berbagai bahan makanan dan sayuran, jadi di satu tempat saya bisa dapat semuanya. Toko ini terletak di Boterdiep 49,9712 LK, atau di sebelah utara Centrum (Pusat kota). Menjual berbagai macam daging seperti sapi, domba dan ayam, kadang juga ada daging kalkun.

Toko kedua yaitu  International Supermarkt ‘Al Nour’ yang terletak di jalan Eikenlaan, Winkelcentrum di daerah Selwerd  45,9741 EH di kawasan yang juga terdapat beberapa toko lainnya seperti Albert Heiijn dan Lidl. Saya jarang ke toko ini soalnya jauh dari housing saya di Van Houtenlaan di Helpman. Saya kesini jika pulang dari kampus Zernike saja. Sama seperti Nazar, toko berukuran sedang ini menjual daging sapi, domba dan ayam, serta bahan makanan lainnya. Jika dibandingkan dengan Nazar, harga daging di toko ini lebih murah, misal daging ayam sayap atas yang biasa saya beli sekilo di toko ini cuma 2,95e bandingkan dengan Nazar sekilonya 3,5e.

Toko ketiga yang menjual daging halal  adalah Slagerij Al Fysal Halal, terletak di jalan  Steentilstraat 9,9711 GJ sangat dekat dengan Centrum. Toko ini sama seperti Nazar dan Al Nour, menjual berbagai bahan makanan, namun ukuran tokonya tidak terlalu besar. Toko ini juga patut menjadi pilihan belanja daging sapi dan domba, namun untuk daging ayam pilihannya tidak banyak, sama seperti Nazar dan Al Nour, toko ini banyak menjual bahan-bahan makanan dari seperti Turki dan Asia Selatan.


Toko Al Fysal
Nah toko terakhir yang saya tahu yaitu Hielal Slagerij sebelumnya namanya toko Hielal Islamitische Slagerij mungkin pemiliknya ganti jadi namanya juga ganti. Terletak di pusatnya Centrum  di jalan Folkingestraat 51,9711 JV. Tokonya kecil mungkin hanya berukuran 2 x 4 meter, di toko ini hanya khusus menjual daging saja tak ada yang lain dan itu pun hanya daging sapi dan daging kambing, terakhir saya belanja disana tak terlihat rombongan daging ayam yang mejeng di etalasenya. (update 2016: sekarang toko ini sudah tutup)

Sebenarnya mungkin masih banyak toko-toko yang menjual daging halal, hanya saja saya belum menemukannya, seperti Ankara Market di jalan Westersingel 7,9718 CA yang saya tahu dari  internet dan mungkin masih banyak lainnya.

Toko-toko di atas kebanyakan buka jam 0900 hingga jam 1800 setiap hari kecuali hari Minggu, tuh para toko buka jam 1200. Saran saya klo mau belanja daging datang agak siangan karena klo datang pagi itu para daging belum digelar di etalase, masih di kulkas mereka, tapi klo anda terlanjur hadir ya tinggal bilang sama si tukang dagingnya nanti pasti disiapkan. Sekian informasi tentang toko yang menjual daging halal di Groningen, semoga bisa membantu anda terutama para penggemar masak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...