Senin, 11 Januari 2016

Menikmati Shalat Tarawih di Yangon

Salam,
Malam itu saya berkesempatan mengikuti shalat tarawih di Masjid Mogul Shia Jamay salah satu dari banyak masjid di kota Yangon. Masjid ini terletak di jalan Mahabandoola dekat Sule Pagoda, wilayah bisnis distrik Yangon. Mayoritas muslim yang hadir di Masjid adalah warga Yangon keturunan Pakistan dan sebagian kecil penduduk asli setempat. 

Saya masuk dan langsung berwudhu di sebuah kolam besar yang dibuatkan sebagai tempat berwudhu. Masuk ke dalam Masjid Terbesar di Kota Yangon itu bagi saya sama seperti di Indonesia, hanya penerangannya saja dibuat agak remang, terlihat beberapa orang tua duduk di kursi di sisi-sisi shaf shalat sepertinya orang tua yang tidak cukup kuat untuk shalat sambil berdiri, tidak ada jamaah wanita yang shalat di masjid. 

Saat Iqamah berkumandang bertepatan dengan imam besar masuk ke masjid saat itu juga penerangan di set lebih redup, hmmm.. sesuatu yang unik bagi saya. Tidak ada suara canda anak-anak semua begitu khusyuk saat shalat. Saat Tarawih, imam berganti, ada empat orang imam muda dibelakang imam saling bergantian memimpin shalat, mereka adalah anak-anak muda sekitar 20an tahun, mereka bergantian setiap 4 rakaat shalat, sedang imam besar berada di belakang untuk membetulkan bacaan shalat jika salah. 

Jamaah juga tidak mengucapkan 'Amin' setiap Al-Fatihah selesai dibaca. Surat yang dibacapun surat-surat panjang dengan tempo yang cepat, jadilah Tarawih malam itu selesai pukul 9, sungguh pengalaman yang menarik di sebuah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Budha.

Yangon, September 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cabut Bungsu

Saya baru tahu ada gigi yg baru tumbuh saat sudah kita dewasa. Gigi bungsu namanya. Letaknya paling belakang.  Dulu saya sering menghitung j...